LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, April 24, 2012

Linux Monitoring Tools berbasis WEB

Pemantauan sistem Linux adalah salah satu tugas paling penting bagi sysadmin. Sangat penting untuk tahu segala sesuatu tentang sistem termasuk beban CPU, statistik jaringan lalu lintas,pemakaian memori, login pengguna, ketersediaan ruang disk.

1. Nagios

Nagois adalah salah satu sistem yang paling populer berdasarkan monitoring web Linux saat ini, sebenarnya standar industri itu untuk IT pemantauan infrastruktur. Berlisensi di bawah GPL nagiostersedia untuk semua orang secara gratis dan memungkinkan untuk memantau ketersediaan dan waktu respon dari layanan jaringan,penggunaan sumber daya sistem seperti beban CPU, RAM dllalokasi, jumlah pengguna masuk log dan banyak-banyak lagi. Tidakmasuk akal untuk daftar di sini segala sesuatu yang dapat dipantau oleh nagios tetapi sifatnya menyiratkan bahwa contoh nagios utama (server) mengumpulkan informasi baik dari sistem lokal atau kliennagios (agen). Ini berarti Anda dapat menginstal perangkat lunak klien pada Linux, BSD, Windows host atau perangkat Cisco, arahkan ke server nagios dan melihat negara bagian layanan mereka atau proses di satu tempat.

2. Cacti

Cacti merupakan pemantauan sistem berbasis web yang ditulis dalam PHP dan berlisensi di bawah GPL. Tidak seperti nagios jelaskan di atas, Cacti menampilkan dalam bentuk grafik - secara singkat. Cacti menggunakan RRDTool untuk membangun grafik jadi jika Anda dapat beberapa grafik dalam file rrd. Anda dapat dengan mudah melampirkannya ke Cacti.

Sehingga Anda dapat melihat grafik CPU, penggunaan RAM, statistik round trip waktu, pemanfaatan bandwidth dan lebih banyak informasi yang dikumpulkan dari berbagai host. Selain Nagios, Cacti mendukung SNMP yang memungkinkan untuk memantau hampir semua perangkat dalam jaringan Anda: host Linux, * BSD host, Windows host, perangkat Cisco, Juniper Tool, voip telepon, router, switch.

3. MRTG

MRTG adalah Monitoring tools open source yang mengumpulkan data pada host lokal dan  atau remote dengan menggunakan protokol SNMP. Tapi MRTG jauh lebih sederhana daripada Cacti dan nagios sehingga mungkin menjadi pilihan yang baik untuk proyek-proyek kecil. Salah satu aplikasi yang paling umum adalah Monitoring. MRTG Interface jaringan, CPU, penggunaan memori dan antarmuka jaringan statistik. MRTG diciptakan olehpenulis RRDTool Obi Oetiker.

0 comments: