LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, April 8, 2012

Tiga Cara Untuk Capture Screenshot di Ubuntu Linux

Cara 1: Dengan tool Take Screenshot

Take Screenshot adalah utility default di Ubuntu yang sangat mudah digunakan. Anda dapat memulai dari Applications> Accessories> Take Screenshot.
Setelah dijalankan, terdapat tiga pilihan untuk mengambil gambar screenshot , Grab the Whole desktop (screenshot desktop secara utuh), Grab the Current Window (screenshoot window yang aktif), and Grab the selected area (screenshot area yang dipilih). Pilih opsi yang diinginkan dan klik Take Screenshot


Cara 2: Menggunakan GIMP
Anda bisa menggunakan GIMP editor untuk mengambil screenshot. Pertama jalankan GIMP dari Applications > Graphics > GIMP Image Editor, klick File > Create > Screenshot.
Akan ditampilkan beberapa pilihan, seperti, Take a screen shot of single window, Take a screenshot of entire Screen, dan Select a region to grab. Klick Snap untuk meng-screenshot.


Cara 3 : Dengan Aplikasi Shutter
Shutter adalah tool digunakan untuk mengambil screenshot dari setiap daerah tertentu, window atau seluruh layar. Jalankan aplikasi tersebut melalui Applications > Accessories > Shutter- Screenshot Tool.
Stelah aplikasi terbuka, ada pilihan untuk screenshot seperti Full Screen, Window, dan Selection, pilih sesuai keinginan.
Terdapat fitur screenshot dapat di delay untuk beberapa detik. Untuk mengatur waktu Delay, Edit > Preferences, di Tab Advanced set Delay dibawah Kategori Capture.

Cara yang disebutkan di atas yang paling sering digunakan untuk mengambil screenshot di Ubuntu. Aplikasi tersebut terkenal dengan antarmuka yang mudah digunakan.

0 comments: